Kebaikan dan Keburukan Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Kopi dan Kesehatan JantungSebagian orang sering berkesimpulan bahwa kopi tidak baik bagi kesehatan.  Apabila diminum secara berlebihan, hal itu memang benar. Namun apabila kita bisa menkonsumsi kopi dengan bijak, kopi justru bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi, yang merupakan kesimpulan dari Harvard Women’s Health :

  1. Kemampuan kognitif. Tiga cangkir kopi dalam sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak pada wanita akibat penuaan.  Hasil penelitian menunjukkan angka yang cukup signifikan hingga 33% ketika diuji kepada 4.197 wanita di Perancis. Uniknya, hal ini tidak berlaku pada Pria, yang kala itu diujikan kepada  2.820 pria, juga di Perancis, mungkin karena wanita cenderung lebih peka terhadap kafein.
  2. Penyakit Jantung dan stroke. Studi atas 83.000 wanita di atas 24 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir kopi dalam sehari memiliki resiko stroke 19% lebih rendah dibandingkan  mereka yang tidak minum kopi sama sekali. Ketika studi dilakukan di Finlandia, hasilnya pun konsisten.
  3. Penyakit diabetes. Para peneliti menduga bahwa asam klorogenik yang terkandung dalam kopi, mempunyai peranan penting dalam memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1 yang merupakan zat kimia yang meningkatkan insulin. Sebanyak 20 studi yang dilakukan di aneka penjuru dunia menunjukkan bahwa resiko penyakit diabetes tipe 2 dapat dikurangi hingga 50% dengan menkonsumsi kopi. Selain itu, trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat proses diserapnya glukosa oleh tubuh.
  4. Penyakit Parkinson. Mereka yang tergolong peminum kopi  memiliki kecenderungan terkena penyakit Parkinson 50% lebih rendah dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.
  5. Kanker. Penelitian secara konsisten juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki resiko yang lebih rendah untuk terkena kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
  6. Pengerasan hati atau sirosis. Kopi melindungi hati dari sirosis, terutama yang diakibatkan oleh kecanduan alcohol.

Namun, selain beberapa kebaikan di atas, kopi juga memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Kafein yang merupakan kandungan utama kopi, sering membuat orang menjadi kecanduan. Selain itu, kafein juga mempengaruhi system kardiovaskular tubuh seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Berita baiknya, efek buruk di atas hanya muncul apabila kopi dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk sebagian orang, konsumsi 2-3 cangkir kopi per hari tidak memberikan dampak negatif. Namun sebagian orang lainnya dapat merasakan jantung berdebar, sulit tidur, pusing dan gangguan lainnya. Sebaiknya konsumsi kopi disebar sepanjang hari, misalnya  pagi siang dan sore.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s