Makanan Untuk Kecerdasan Anak

Kecerdasan AnakKecerdasan otak anak ditentukan oleh 3 faktor, yaitu gen atau keturunan, makanan dan stimulasi yang diberikan. Faktor gen atau keturunan sudah merupakan pemberian yang tidak dapat diubah, sedangkan faktor makanan dan stimulasi masih dapat kita upayakan untuk membuat mereka tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas.

Sangat penting untuk memperhatikan apa yang dimakan oleh anak-anak setiap hari agar mereka dapat tumbuh cerdas , sehat dan mampu berkonsentrasi dengan baik di sekolah. Berikut adalah daftar makanan yang sebaiknya dikonsumsi anak-anak untuk memenuhi kebutuhan otaknya:

Yogurt dan Susu

Anak-anak membutuhkan vitamin D 10x lipat lebih banyak dibanding yang direkomendasikan. Vitamin D tersebut memiliki peranan penting dalam system saraf otot, dan siklus hidup sel. Selain itu yogurt dan susu banyak mengandung protein dan vitamin B yang diperlukan untuk neurotransmitter otak.

Oat

Oat sangat baik untuk dijadikan sarapan pagi, sebagai bahan bakar otak dan sumber energi. Oat banyak mengandung serat, vitamin B, vitamin E, seng dan juga potassium.

Daging sapi tanpa lemak

Zat besi yang banyak terdapat dalam daging sapi sangat penting untuk konsentrasi anak. Dengan konsumsi 1 ons daging sapi tanpa lemak dalam sehari, maka tubuh akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya. Seng yang terkandung didalamnya juga berperan menjaga daya ingat.

Ikan Salmon

Salmon merupakan sumber terbaik dari DHA ,EPA dan asam lemak omega 3. Kecukupan DHA dan EPA sangat menentukan pertumbuhan fungsi otak dan perkembangannya. Penelitian juga membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi asam lemak lebih banyak, memiliki pikiran yang lebih tajam dan mendapat hasil yang lebih baik dalam berbagai test.

Gandum murni

Gandum mengandung banyak vitamin B yang fungsinya memelihara system saraf. Selain itu, serat yang dikandung didalamnya juga berfungsi mengatur pelepasan glukosa. Pelepasan glukosa yang sifatnya konstan tersebut sangat diperlukan otak.

Telur

Bagian kuning telur banyak mengandung kolin yang fungsingnya membantu perkembangan memori atau daya ingat. Selain itu telur juga terkenal sebagai sumber protein.

Aneka Buah Berry

Strawberry, cherry, blueberry, blackberry, banyak mengandung antioksidan kadar tinggi dan khususnya vitamin C yang berfungsi mencegak kanker. Semakin cerah warnanya, semakin baik nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mereka yang secara rutin mendapatkan asupan blueberry dan strawberry terbukti mengalami peningkatan dalam fungsi daya ingat atau memorinya. Selain itu, bijinya pun dikenal banyak mengandung asam lemak omega 3.

Kacang-kacangan

Kandungan umum yang terdapat dalam kacang-kacangan adalah protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral. Kacang-kacangan berfungsi mempertahankan energy dan kemampuan berpikir untuk tetap berada pada puncaknya di sore hari apabila dikonsumsi siang hari. Berdasarkan penelitian, kacang pinto dan kacang merah merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3, terutama ALA (Alpha Linolenic Acid)  yang merupakan jenis omega 3 yang penting bagi fungsi otak.

Sayuran Berwarna

Sayuran yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat antara lain tomat, labu, bayam, ubi jalar merah, dan wortel. Semuanya kaya nutrisi dan antioksidan.

Selai kacang

Kacang dan selainya banyak mengandung vitamin e, yang merupakan sumber antioksidan. Bersama-sama dengan thiamin, vitamin e berfungsi membantu sistem saraf dan otak dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s