Cara Memperbanyak ASI

Cara Memperbanyak ASIBerikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan produksi ASI :

  1. Pastikan bayi menyusu secara efisien dan menghisap dengan benar. Maksudnya, semakin banyak susu yang diminum bayi/dikeluarkan, maka akan semakin banyak susu yang diproduksi tubuh ibu. Jika posisi pelekatan bibir bayi pada payudara tidak tepat, misalnya hanya bagian putting yang masuk ke mulut bayi, maka bayi tidak dapat menyedot dengan benar. Bila bayi dinilai belum mampu menyusu dengan benar, maka setelah bayi selesai menyusu, gunakan alternatif untuk mengeluarkan sisa ASI, yaitu dipompa, baik dengan menggunakan tangan atau alat. Dengan demikian, tubuh akan menangkap signal bahwa ASI harus ditingkatkan karena produksi saat ini habis.
  2. Sering-seringlah menyusui. Ingatlah, semakin sering anda mengosongkan payudara anda, maka semakin banyak susu akan diproduksi. Berikan ASI setiap dua jam sekali pada siang hari dan setidaknya setiap tiga jam sekali di malam hari.
  3. Berikan kedua sisi payudara di setiap sesi menyusui. Biarkan bayi menyelesaikan sisi pertama, kemudian lanjutkan dengan memberikan sisi kedua.
  4. Hindari dot dan botol. Semua kebutuhan mengisap bayi harus dipenuhi dari payudara, kecuali karena keadaan memaksa, seperti Ibu harus bekerja.
  5. Berikan bayi hanya ASI. Hindari semua makanan padat, air putih, dan susu formula bila bayi yang lebih muda dari enam bulan.
  6. Cukup istirahat. Tidurlah saat bayi tidur dan hindari stress. Saat haus, minumlah cukup cairan, namun tidak perlu sampai minum berlebihan karena hal tersebut juga tidak akan meningkatkan pasokan ASI. Selain itu, makanlah makanan bergizi baik dan seimbang.
  7. Menambahkan sesi memompa setelah atau antara sesi menyusui dapat sangat membantu – memompa ini sangat penting ketika bayi tidak menyusui efisien atau tidak cukup sering. Ketika memompa untuk meningkatkan pasokan susu, tetaplah  memompa selama 2-5 menit setelah tetes terakhir susu.
  8. Pertimbangkan suplemen untuk meningkatkan suplai susu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s